Senin, 27 Desember 2010

Catatan Sepakbola Indonesia (1)

Ricuh. Satu kata jelang final piala AFF Indonesia-Malaysia. Ricuh harga tiket melonjak tajam. Udah punya duit untuk beli pun, masih juga ricuh karena antrian untuk belinya juga melelahkan. Ricuh karena berita2 provokator bagi suporter kedua negara. Yang NH ancam WO lah kalo timnas diganggu laser, yang lagu Garuda di dada ku juga dinyanyiin Malaysia lah, yang suporter Indonesia bakal “diintimidasi” lah di Bukit Jalil, yang paling konyol, pemakaian lambang Garuda di kaos timnas ada yang gugat. Haaaaahhh, pusing !!!

Kalo gini, masuk final salah, gak masuk salah. Memang gak bisa disalahin juga euforia masyarakat Indonesia akan moment kali ini. Karena sepakbola Indonesia udah lama puasa gelar. Dari yang gak suka bola, bisa mendadak jadi suka. Apalagi sekarang ada “kekasih hati pujaan bangsa” para ABG, si Bachdim. Tambah menggila deh suporter Indonesia. Tapi kayaknya, jangan lebay gini deh ya…

Kayak kenaikan harga tiket.
Saya sih sangat memaklumi hal ini. Kenapa? Karena saya punya banyak pertimbangan.
1.       kalo harga tiket sama aja sama penyisihan atau semi final, pasti penonton di GBK pada final leg 2 nanti membludak donk. Lihat aja kemaren pas semi final, udah kebagian tiket pun, masih gak bisa masuk karena stadion udah overload.
2.       jadi mending harga tiket dinaiikin. Biar gak semua orang mampu beli, biar yang beli juga gak kebanyakan, biar kapasitas stadion gak kepenuhan, biar gak terjadi ricuh di dalam dan luar stadion selama pertandingan, biar timnas kita gak kena sanksi karena gak ada yang lempar kembang api. Nah…banyak kan biar nya.
3.       yang gak mampu beli, ya sudah nobar dimana kek. Atau di rumah lebih aman. Suara komentator kedengeran, skill pemain jelas kelihatan, enak lagi bisa tiduran, sambil makan2.
4.       bukan berarti gak ngasih dukungan kan. Bukan berarti gak jadi suporter setia kan. Justru kita lebih konsentrasi terhadap statistik & jalannya pertandingan.

Nah trus masalah berita yang akan menaikkan sentimen suporter kedua negara, mending gak usah terlalu ditanggapi. Gak usah dibaca. Karena jujur, kalo baca pasti emosi kita ama malaysia jadinya. Nonton aja leg 1 dan leg 2 dengan hati yang jernih. Its just a game. A fairplay game. Kalah bukan berarti harga diri jatuh. Menang bukan berarti harga diri tak terbeli.

Nah masalah PSSI dan NH nih. Emang sih doi mantan koruptor. Yang harusnya lengser tapi gak mau. Tapi jangan benci PSSI lah. Anggap aja kenaikkan harga tiket itu buat ngasih bonus para pemain yang sampe bermilyar itu. Ya urusan turun apa gak, itu urusan belakangan. Yang penting PSSI udah berani berkoar dulu bakal ngasih bonus ke pemain.

Masalah bang Ical yang numpang naikkin imej kala timnas lagi naik, biar sajalah. Dia memanfaatkan kepopuleran timnas kini toh bukan gratis. Hibah tanah 25 hektar dari keluarga Bakrie di Jonggol, sebagai bayarannya.

Banyak sekali RICUH jelang final piala AFF ini. Hingga kita lupa akan kesakralan pertandingan itu sendiri. Saya kasian sama pemain timnas kalau tahu semua keadaan ini. Pasti mereka akan bermain penuh beban. Untung saja Riedl jeli mengkarantina mereka dari pengaruh media.

Yuk, kita jernihkan pikiran.
Dukung Garuda Merah Putih dengan pikiran yang bersih.
Dan berharap para punggawa timnas kita bermain dan bersenang-bersenang menendang bola. Tanpa beban.  Itu yang akan membuka kemenangan.

Histeria dan euforia, teruskan. Sampai gaduh. Tapi jangan ricuh.
(see comments on this post)

Tidak ada komentar: